8 Panduan Memilih Tempat Resepsi Pernikahan

Salah satu hal penting yang Anda lakukan ketika tanggal pernikahan sudah ditentukan adalah memilih venue atau tempat resepsi. Tentu saja bukan hal mudah untuk mendapatkan tempat yang tepat.

Banyak faktor yang harus dijadikan pertimbangan dalam memilih tempat resepsi, seperti apa temanya, di mana lokasinya dan lain-lain. Jika Anda ingin menikah di tempat yang jadi favorit banyak orang, biasanya Anda harus pesan dari jauh-jauh hari, bahkan setahun sebelumnya.

Agar tidak salah dalam memilih tempat resepsi, berikut ini delapan tipsnya untuk Anda:

1. Sesuaikan dengan tema
Apakah tema pesta Anda akan membuat pesta harus digelar di dalam atau di luar ruangan. Untuk pesta di dalam ruangan, gedung resepsi tentu menjadi pilihan. Sementara untuk pesta di luar ruangan, sekarang ini banyak tersedia venue yang biasanya berkonsep rumah, yang menyediakan halaman luas untuk menyelenggarakan pesta taman. Namun, bila Anda menginginkan pesta di luar ruangan, pertimbangkan juga cuaca yang belakangan ini semakin sulit ditebak.

2. Biaya
Tak ada salahnya memiliki impian untuk menyelenggarakan pesta di salah satu venue terkenal. Tapi ingat juga untuk tetap menyesuaikan dengan anggaran atau dana yang Anda miliki, kalau dipaksakan hingga melebihi anggaran bisa merepotkan.

3. Kapasitas
Pastikan venue yang akan Anda pilih memiliki kapasitas yang sesuai dengan perkiraan jumlah tamu. Bila terlalu besar, pesta Anda akan terlihat kosong, tetapi bila terlalu kecil, sudah pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi tamu karena harus berhimpit-himpitan.

4. Lokasi
Bagi Anda warga Jakarta pada khususnya, ingat kota kita yang satu ini sangat rawan macet. Jadi, pilihlah venue yang mudah dijangkau oleh kerabat maupun sebagian besar tamu. Kalau tidak bisa di lokasi strategis, setidaknya pilihlah lokasi yang memungkinkan sebagian besar tamu tidak terlalu sulit untuk mencapainya, misalnya yang tidak terlalu jauh dari rumah.

5. Parkir
Meskipun sangat kecil, tapi ada saja kemungkinan seseorang batal hadir akibat kesal karena sulit mendapatkan tempat parkir. Oleh karena itu, satu hal yang juga perlu Anda pastikan adalah venue yang Anda pilih memiliki area parkir yang memadai.

6. Rekanan
Beberapa venue memiliki vendor rekanan dan mengenakan biaya tambahan bila Anda membawa vendor dari luar. Pastikan Anda mengetahui hal ini dan pastikan juga bahwa rekanan mereka adalah vendor yang memang Anda inginkan. Bila ternyata ada vendor pilihan Anda yang bukan rekanan mereka, tanyakan dengan jelas berapa besar biaya yang harus Anda keluarkan.

7. Pemesanan
Bila sudah mantap dengan pilihan Anda, lakukan pemesanan secepatnya. Jangan sampai Anda harus mengubah tanggal yang sudah ditetapkan hanya karena di tanggal tersebut, venue yang Anda inginkan sudah terisi. Pastikan juga nama Anda sudah tercatat di bagian pemesanan.

8. Technical Meeting
Bila memungkinkan, lakukan technical meeting dua minggu sebelum acara di gedung tersebut. Ini penting untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail mengenai susunan acara, dekorasi, katering, dan sebagainya.

Sumber : detik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s